Inilah Hal yang Penting dalam Perencanaan Keuangan Keluarga

By | Agustus 2, 2019

Inilah Hal yang Penting dalam Perencanaan Keuangan KeluargaSebagai seorang ibu rumah tangga banyak sekali hal yang saya perhatikan untuk membuat keluarga saya tetap harmonis apa lagi dengan suami, seperti halnya perihal keuangan. Semua pasti tahu bahwa bahwa masalah uang adalah hal yang sangat sensitif dan harus teliti ketika mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. Ketika saya membuat perencanaan dalam keuangan keluarga ada beberapa hal penting yang saya perhatikan sehingga keuangan keluarga saya pun tidak ada masalah dan dapat dibagi dengan adil. Inilah beberapa hal penting yang biasa saya lakukan untuk mengatur keuangan dalam keluarga :

1. Tidak memisahkan penghasilan

Hal penting pertama ketika akan melakukan perencanaan keuangan di dalam keluarga adalah dengan menggabungkan penghasilan antara suami dan istri. Karena banyak orang yang menganggap uang suami adalah uang keluarga sedangkan uang istri adalah uang istri sendiri. Pemikiran kuno tersebut sebaiknya tidak digunakan lagi karena pihak yang bertanggung jawab untuk keuangan keluarga tidak hanya suami saja tetapi bersama-sama. Oleh karena itulah ketika akan menggunakan penghasilan untuk kebutuhan keluarga maka bisa menggunakan jumlah dari penghasilan kedua anggota keluarga.

2. Menghindari hutang

Tips penting selanjutnya di dalam perencanaan keuangan keluarga adalah dengan menghindari hutang. Masalah keuangan sebaiknya dibicarakan bersama secara baik-baik sehingga kedua belah pihak dapat mengambil keputusan untuk keuangan keluarga. Karena apabila terjadi masalah keuangan keluarga nantinya kedua belah yang akan merasakan efeknya. Oleh karena itulah apabila terjadi masalah sebaiknya dibicarakan terlebih dahulu untuk mendapatkan solusinya. Jangan sampai untuk mengambil hutang dan salah satu pihak tidak mengetahui hal tersebut. Di dalam keuangan keluarga penting sekali untuk menghindari hutang terutama untuk keluarga muda. Karena hutang seperti membeli barang dengan kredit dan mengambil hutang akan menghambat keuangan keluarga untuk hal yang lebih penting lainnya.

3. Menentukan prioritas pengeluaran

Tips lainnya yang harus diperhatikan ketika mengatur keuangan keluarga adalah dari prioritas pengeluaran. Hal ini sangat penting sehingga bisa untuk menunda atau mencegah mengeluarkan uang untuk barang atau hal yang tidak diperlukan. Oleh karena itulah buatlah skala prioritas untuk pengeluaran yang akan dikeluarkan. Seperti misalnya dari masalah makanan, belanja kebutuhan bulanan, liburan, dan juga hal lainnya yang diperlukan.

4. Menyisihkan uang untuk tabungan

Dan tips terakhir dari perencanaan keuangan keluarga dan perihal keuangan pada umumnya adalah menyisihkan dana untuk tabungan. Tabungan tersebut dibutuhkan karena bisa digunakan untuk kegiatan darurat sehingga tidak perlu mengandalkan tabungan. Tabungan tersebut juga bisa dipilih dari berbagai macam jenis dan bentuk. Tidak hanya menabung di bank atau koperasi tetapi juga bisa untuk memilih jenis menyimpan uang lainnya. Seperti dengan mengambil investasi yang menguntungkan dan juga membeli asuransi Astra yang bisa juga memberikan perlindungan terbaik untuk keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *