Kerja Sampingan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

By | Juli 29, 2019

Menjadi ibu rumah tangga adalah kodrat setiap wanita. Kebanyakan wanita yang sudah menikah bingung dalam meneruskan karirnya. Apakah hanya mau mengurus suami dan anak saja atau justru bekerja dengan meninggalkan mereka. Terkadang mungkin, anda tidak rela harus membiarkan anak dan suami kekurangan perhatian anda. Jika begitu, alangkah baiknya memilih kerja sampingan yang bisa dikerjakan di rumah.

Pilihan kerja sampingan yang dapat dilakukan di rumah

Sebenarnya ada banyak kerja sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Selain bisa menghibur anda dari rutinitas pekerjaan rumah, freelance dapat membuat anda mendapatkan tambahan uang rumah tangga. Sehingga, hidup anda tidak kekurangan uang. Nah, berikut ini adalah daftar pekerjaan sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga!

1. Freelance writer

Jika anda yang suka menulis, bisa melampiaskan hobi menjadi penulis lepas atau freelance writer. freelance ini bisa anda dapatkan melalui media sosial, di blog atau website yang sedang membutuhkan penulis. Anda dapat mematok harga per artikel yang mulai dari Rp 10 ribu – Rp 100 ribu. Harga bisa tergantung jumlah kata dan kegunaan artikel.

Anda perlu membuat contoh tulisan yang bagus dan menarik sebagai contoh tulisanmu kepada calon pembeli. Sehingga, mereka melihat bagaimana kemampuan menulis anda. Kalau untuk menulis blog maupun website, anda harus paham tentang artikel yang akan memajukan website itu di google.

2. Jasa penerjemah

Selain jasa freelance writer, jasa penerjemah juga sering dibutuhkan banyak orang. Di jaman globalisasi ini di setiap negara pasti bekerjasama dengan orang dari negara lain. Sehingga, terkadang sebuah perusahaan memerlukan jasa penerjemah dokumen. Harga jasa ini bervariasi bisa saja Rp 200 ribu – Rp 500 ribu per dokumen atau bisa dihitung perhalaman yang biasanya dipatok Rp 20 ribu per halaman.
Kerja sampingan ini cocok bagi anda yang mempunyai kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Perancis, Arab dan lainnya. Pekerjaan ini bahkan bisa anda kerjakan dimana saja sembari mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

3. Desain grafis

Sedangkan anda yang memiliki keahlian desain grafis, jangan sia-siakan. Sebab, pekerjaan ini sangat dibutuhkan baik itu pemilik website, perusahaan periklanan dan masih banyak lagi. Harga per desain juga cukup lumayan, tergantung tingkat kesulitan yang dikerjakan. Jika tidak ingin terlalu rumit, anda bisa memilih desain logo yang tingkat kesulitannya cukup rendah.

4. Jualan online

Ibu-ibu rumah tangga sangat cocok untuk berjualan. Anda tidak perlu keluar rumah atau ke pasar maupun buka ruko, melainkan dapat menggunakan sosial media yang dimiliki untuk mempromosikan barang dagangan anda. Lebih baik anda memilih beberapa produk sekaligus seperti pakaian, kue-kue, produk kecantikan dan lain sebagainya. Jangan hanya satu produk saja, agar freelance ini terus-menerus menghasilkan.

5. Blogging

Dirangkum dari artikel.rumah123.com, dunia blogging juga cukup menjanjikan dan anda bisa menggunakannya sebagai freelance bagi anda ibu rumah tangga. Blogger merupakan peluang bagus untuk mengekspresikan bakat anda. Jika suka di dunia fashion, anda bisa menjadi fashion blogger atau jika suka makanan, jadilah food blogger atau pilih bidang lain yang anda minati.

Penghasilan dari blogging didapat dengan memasang iklan adsense di blog atau mengambil job placement. Asalkan anda telaten dalam meningkatkan viewer serta subscriber, maka blogging bisa menjadi freelance yang berpenghasilan tinggi. Kalau sudah menjadi blogger, maka lanjutkan dengan menjadi youtuber. Anda bisa membuat berbagai video sehari-hari atau lainnya.

Itulah beberapa kerja sampingan yang bisa anda pilih sebagai pendamping kerjaan rumah tangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *