Latih Tanggung Jawab Anak Saat Traveling Lewat 6 Cara Ini

By | Juli 16, 2019

Latih Tanggung Jawab Anak Saat Traveling Lewat 6 Cara Ini

Tidak ada cara lain yang lebih seru dalam mempersiapkan liburan selain mengajak anak terlibat total di dalamnya. Liburan di dalam negeri atau ke luar negeri sama-sama memberi kenangan manis bagi si kecil. Agar kepribadian dan rasa tanggung jawab anak lebih terasah, tidak ada salahnya kamu melakukan beberapa hal ini bersama si kecil.

 

  1. Beli tiket

Saat merencanakan liburan, ajaklah anak untuk ikut mencari tahu moda transportasi terbaik dan berburu tiket bersama. Jika memilih naik pesawat, libatkan anak dalam mengecek harga tiket pesawat domestik atau mancanegara yang tersedia dan dapat diakses dengan mudah. Lewat obrolan ringan, beritahukan rencana acara liburan kali ini serta hal apa saja yang akan dilakukan di daerah tujuan agar anak mengerti maksud dan tujuan dari liburan.

 

  1. Packing

Minta anak untuk mempersiapkan barang bawaan yang akan dia bawa. Anak bisa memilih baju untuk digunakan saat jalan-jalan, setelan piyama, hingga kaus kaki atau sepatu apa yang mau dipakai saat di daerah tujuan. Sesekali berikan gambaran soal beberapa tempat yang akan dikunjungi agar si anak dapat mix and match pakaian dan tidak salah kostum.

 

  1. Menyiapkan perbekalan

Bekal perjalanan alias camilan anak berbeda dengan orang dewasa. Saat mempersiapkan snack, ajak anak untuk ikut membeli dan memilih. Tanamkan bahwa apa yang dibeli harus dimakan dan dihabiskan agar tidak mubazir. Saat di tempat tujuan, berilah ‘jatah belanja’ berupa dompet kecil yang berisi pecahan kecil uang tunai. Tentu nilainya jangan terlalu besar, ya. Beritahukan bahwa uang yang ia punya bisa digunakan untuk membeli sesuatu yang memang ia inginkan di tempat tujuan.

 

  1. Membawa ransel sendiri

Latih anak untuk membawa ransel sendiri yang berisi perlengkapan pribadinya. Tidak perlu terlalu banyak, cukup sediakan satu kemasan kecil tisu basah dan kering, handuk muka untuk mengelap keringat, dan botol air minum kesayangan. Selain itu, dalam wadah kecil sediakan juga perlengkapan P3K mini yang terdiri atas beberapa lembar alcohol swab, plester dengan desain lucu, dan obat hisap penurun panas. Ajari anak untuk menggunakan barang yang ia bawa di saat ia membutuhkan. Misalnya, saat sedang menikmati jajanan lalu belepotan, anjurkan anak untuk membersihkan dengan tisu basah yang sudah ia bawa.

 

  1. Menentukan tujuan wisata

Saat sedang menyusun itinerary, ajak anak untuk ikut menentukan atau memberi masukan soal tempat wisata dan restoran agar ia tahu tempat seperti apa yang bakal didatangi. Hal ini dilakukan agar anak tidak ngambek atau bad mood saat di tempat tujuan. Jika tempat wisata yang bakal dikunjungi memiliki banyak tangga, ramai pengunjung, atau memiliki cuaca yang lebih panas, beri tahu saja apa adanya.

 

  1. Memilih menu makanan

Melatih tanggung jawab anak juga bisa dari pemilihan menu saat makan siang atau malam. Tanamkan bahwa menu makanan dan minuman yang sudah dipilih berarti harus dihabiskan. Beritahukan dengan lembut jika anak mulai ‘tergoda’ dengan hidangan yang tidak baik untuk pencernaan atau dapat menimbulkan reaksi alergi.

 

Berlibur sekeluarga ke luar kota akan memberikan kesan mendalam bagi sang anak saat dewasa nanti. Lewat menanamkan rasa tanggung jawab di beberapa hal, karakter si kecil juga akan terbentuk dengan baik. Jadi, manfaatkan waktu selama berwisata dengan sebaik-baiknya, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *